Selasa, 25 Agustus 2009

Goes to RRI Pusat Jakarta and Yayasan Bung Karno Jakarta









Pada hari senin, tanggal 10 Agustus 2009 siswa kelas 4,5,6 SD didampingi guru kelas dan pembimbing melakukan fieldtrip ke RRI Pusat Jakarta dan Yayasan Bung Karno Jakarta, fieldtrip tersebut dilaksanakan sehubungan dengan tema pembelajaran kelas tentang “National History”. dengan tema fieldtrip “Menggali Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Meraih Kemerdekaan”.
Perjalanan menuju RRI Pusat Jakarta dan Yayasan Bung Karno pada pukul 06.00 WIB dan tiba kembali di Bandung pukul 18.00 WIB.
Kegiatan fieldtrip tersebut diantaranya :
1. Menonton film tentang perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan
2. On Air – Dialog Interaktif : RRI Pro 1 FM 91.2 MHz Jakarta, pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB.
• Mengenal sejarah tentang RRI dan peranannya pada masa perjuangan kemerdekaan – Direktur RRI Pusat Jakarta – Bapak Parni Hadi (PakDe Panggilan anak2 Cendekia kepada Beliau)
• Mendengarkan cerita tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan – Bapak H. Rosihan Anwar (Eyang Buyut Panggilan anak-anak Cendekia kepada Beliau)yang didampingi oleh Pak De Parni Hadi, wartawan senior dan direktur RRI
• Mendengarkan cerita tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan – Ibu Muke Mashud (Eyang Putri Panggilan anak-anak Cendekia kepada Beliau)
3. Melihat koleksi benda-benda bersejarah di Museum RRI Pusat Jakarta
4. Menuju Yayasan Bung Karno untuk melihat koleksi dan film Dokumenter tentang salah satu Tokoh yang paling berjasa bagi Bangsa Indonesia tersebut.
Dari kegiatan tersebut diharapkan anak-anak dapat mendapatkan informasi tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dari narasumber yang mengalami langsung perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan, selain itu juga diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme bagi anak-anak.
Yang menarik selain kita bisa On air langsung di radio, Eyang Buyut H. Rosihan Anwar memuat tentang fieldtrip kita juga di Tabloid Mingguan Berita Selebritis "C & R" C&R/573/Thn XII/Rabu,19-25 Agustus 2009/Hal.30 dengan judul tulisan " Siswa Cendekia Leadership School Bertanya"

1 komentar:

cendekia leadership school mengatakan...

Saya merasa bangga melihat langsung anak-anak begitu antusias menanggapi film, cerita dari wartawan senior Eyang Rosihan Anwar, kemudian mereka bertanya dari mulai pengetahuan, keadaan hingga perasaan seseorang yang terlibat dalam sebuah peristiwa.