Senin, 15 September 2008

RANGKAIAN KEGIATAN RAMADHAN DI CENDEKIA LEADERSHIP SCHOOL

Alhamdulillah, bulan Ramadhan telah tiba. Segenap keluarga besar Cendekia Leadership School mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Shaum Ramadhan. Siswa-siswi kamipun menyambut dengan gembira. Sekolah menjadikan momen bulan Ramadhan ini sebagai sarana meningkatkan kecerdasan Spiritual bagi anak-anak tercinta. Melalui kegiatan-kegiatan Ramadhan di sekolah, kami mencoba mendekatkan kenikmatan beribadah di bulan Ramadhan serta mengajarkan nilai-nilai Islami di sekolah.
Dimulai dengan memberikan pemahaman apakah puasa itu, siapa saja yang diwajibkan berpuasa, dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan amalan di bulan Ramadhan ini.
Kami percaya anak-anak akan lebih baik belajar melalui apa yang mereka lakukan, oleh karena itu di sekolah, siswa-siswi TK A dan TK B telah belajar berpuasa walaupun hanya sebatas kemampuan mereka. Untuk anak yang sudah kuat berpuasa setengah hari kami memperbolehkannya berpuasa setengah hari sampai dengan jam 12 siang. Setelah makan siang apabila mereka ingin melanjutkan dengan berpuasa atau tidak dipersilahkan. Kami ingin mengajarkan kepada anak-anak agar mengerjakan ibadah dengan kesadaran sendiri dan dengan perasaan senang sebelum tiba waktunya wajib bagi mereka.
Untuk siswa SD, kegiatan yang sedikit berbeda dari kegiatan harian adalah dimulainya kegiatan belajar di pagi hari dengan melakukan shalat Dhuha berjamaah yang dipimpin oleh guru pembimbing di sekolah. Setelah itu ada materi singkat berisi hal-hal yang berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadhan dan cerita sejarah islami. Tiba waktunya shalat Dzuhur, mereka kerjakan dengan berjamaah bersama teman-teman sekelasnya.
Pada pukul 2 siang diadakan program mentoring, yaitu berbagi pengetahuan dari kakak-kakak kelas 5 dan kelas 6 kepada adik-adik kelasnya. Siswa-siswi kelas 5 dan 6 di bagi menjadi beberapa kelompok yang berfungsi sebagai mentor/pemberi materi. Sedangkan adik-adik kelasnya berperan sebagai siswa/ penerima materi. Materi yang diajarkan telah ditentukan oleh guru pembimbing dan pementor yang mengajarkan materi tersebut akan mencari melalui internet. Ditutup kegiatan Ramadhan di sekolah dengan kegiatan shalat Ashar berjamaah. Semoga apa yang mereka lakukan dapat menjadi tahapan untuk lebih baik. Menjadi pemimpin masa depan yang lebih kuat imannya.

Tidak ada komentar: